Senin, 19 April 2010

Majene Harus Memiliki Daya Saing.

Dalam mengakselerasi pembangunan yang lebih maju di Majene, maka Majene harus mampu meningkatkan daya saing baik dalam kancah lokal maupun global. Hal itu terungkap dari weekend Dialogue yang diprakarsai oleh Komunitas Kampung Kita (K3) Majene Sulawesi Barat,Sabtu 10 April Pekan lalu di Aulia Kafe Majene. Dialog yang mengusung tema Membangun Masa Depan Majene Yang Lebih Baik tersebut melibatkan nara sumber yaitu Bupati Majene H.Kalma Katta, H.Sufyan Sagena dan Dr. Idris DP,MA.
Kalma Katta yang didapuk sebagai Key Note Speaker mengemukakan bahwa Majene saat ini mengalami beberapa kendala terutama belum adanya analisis yang akurat terhadap perkembangan beberapa sektor unggulan yang ada di Majene. Hal itu juga dipengaruhi oleh APBD Majene yang dikelola yang berasal dari PAD masih sangat minim dengan perbandingan 3% berbanding 97% dari dana pemerintah pusat. Dana pusat yang diberikan kepada pemerintah daerah biasanya telah ditentukan peruntukaannya sehingga pemerintah daerah harus menggunakannya sesuai juknis dari pusat."Pemerintah daerah tidak punya kewenangan melakukan intervensi khususnya hal-hal teknis, sehingga untuk meningkatkan pembangunan berbasis kebutuhan lokal, pemerintah berupaya untuk sedapat mungkin meningkatkan PAD lewat beberapa sektor terutama pertanian dan kelautan." Cetusnya. Kalma juga menitipkan bahwa sebuah daerah jangan hanya menuntut pemimpin yang memiliki wawasan yang bagus tapi juga rakyat juga harus memilikinya. "perlu peningkatan SDM yang memiliki akhlak dan moral yang bagus." Tambahnya.

Sementara itu, Sufyan Sagena lebih menekankan pentingnya pemanfaatan potensi SDM. "Sudah sangat jelas banwa Majene adalah Pusat pendidikan di SUlawesi Barat maka seharusnya pembangunan secara nyata untukpengembangan SDM harus segera dilakukan." Tegasnya.

Senada dengan Sufyan Sagena, Idris menyatakan bahwa untuk membangun Majene ada tiga hal yang harus diwujudkan dalam meningkatkan daya saing yaitu pertama, adanya interaksi positif antara pelaku pembangunan dengan pemerintah. Kedua, institusi politik harus mampu membangun kekuatan politik yang berkarakter. Eksekutif dan legislatif harus seiring sejalan membangun kekuatan politik di propinsi dan di pusat yang mendorong percepatan pembangunan kabupaten Majene. Ketiga, Idris menambahkan bahwa masyarakat Majene harus memiliki social capital sehingga memiliki culture icon yang khas.

Salah satu peserta dialog Wahyu menyatakan bahwa pemerintah harus mengembangkan sektor pariwisata untuk peningkatan PAD dengan membuat master plan yang disusun oleh orang-orang yang ahli di bidangnya. "Lihat saja Barane yang sepertinya dikelola setengah hati sehingga kesannya bahwa master plan tidak dibuat oleh ahlinya."

Diakhir dialog, Idris menambahkan bahwa untuk mewujudkan Majene yang lebih baik harus ada interaksi positif antara pemerintah, masyarakat dan pelaku ekonomi. "Jawabannya adalah Pemuda, Pemerintah, Pelaku ekonomi harus sering berkomunikasi secara positif sehingga integrasi kebijakan lebih terarah, Dan yang lebih penting, seluruh elemen di Majene harus memiliki inisiatif untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan, dan pemerintah juga memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan, contohnya apa yang digagas oleh K3 harus diapresiasi secara positif oleh pemerintah".(K3/Aw)

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “Majene Harus Memiliki Daya Saing.”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogtemplate4u .